Yuk Kenali Faktor Penyebab Perubahan Iklim Beserta Dampaknya

Yuk Kenali Faktor Penyebab Perubahan Iklim Beserta Dampaknya

Penyebab perubahan iklim termasuk salah satu hal yang harus diketahui oleh semua orang. Alasannya, karena perubahan iklim ini memberikan dampak yang begitu membahayakan bagi kehidupan, terutama perubahan iklim yang dipicu oleh pemanasan global.

Pada dasarnya, perubahan iklim global disebabkan oleh aktivitas manusianya sendiri. Perubahan iklim bukahnlah hal sepele yang bisa dibiarkan begitu saja. Hal ini akan memberikan efek luas pada manusia, salah satunya adalah dengan meningkatnya kemungkinan cuaca ekstrem.

Sebagai manusia, seharusnya kita tidak tinggal diam. Kita perlu sesegera mungkin mencegah hal-hal buruk yang dimungkinkan terjadi nantinya. Untuk bisa mencegah hal buruk akibat perubahan iklim, tentunya kita harus tahu dulu apa saja penyebab dari perubahan iklim.

Penyebab Perubahan Iklim Beserta Dampaknya

Sebelum membahas penyebab perubahan iklim, yuk kita pahami dulu sebetulnya apa itu perubahan iklim. Jadi, perubahan iklim merupakan perubahan pola cuaca tertentu di suatu wilayah dalam jangka panjang.

Sedangkan iklim sendiri yaitu rata-rata cuaca yang menjadi tanda untuk kondisi atmosfer pada kurun waktu tertentu. Iklim dapat berubah terus menerus karena beberapa faktor penyebab. Mau tahu apa saja penyebabnya? Berikut penjelasannya.

Efek Rumah Kaca

penyebab perubahan iklim yang paling berpengaruh ialah efek rumah kaca, lebih tepatnya berasal dari gas-gas rumah kaca. Beberapa gas yang menjadi sebab perubahan iklim ialah gas CO2, Metana, Dinitrogen Oksida, juga gas berfluorinasi.

Di antara gas-gas tersebut, gas yang paling banyak diproduksi oleh manusia ialah gas karbon dioksia (CO2). Gas ini bertanggung jawab atas 64% pemanasna global akibat manusia.

Pemanasan Global

Selanjutnya, perubahan iklim juga disebabkan oleh adanya pemanasan global. Saat ini, suhu rata-rata globak sudah mencapai 0.85 derajat Celcius lebih tinggi dibandingkan dengan pada abad ke 19.

Pemanasan global ini disebabkan oleh gas CO2, dan penghasil CO2 utama saat ini yaitu Pembangkit Listrik dan berbagai Instalasi Industri lainnya.

Peningkatan Emisi

Manusia memang faktor utama yang menyebabkan perubahan iklim. Perubahan iklim dapat terjadi akibat meningkatnya emisi yang dilakukan oleh manusia sendiri. Beberapa emisi yang sering dilakukan manusia yaitu:

  1. Pembakaran Batubara
  2. Penebangan hutan
  3. PEningkatan jumlah ternak sapi dan domba yang menghasilkan metana
  4. Pupuk dengan kandungan nitrogen yang menghasilkan emisi nitro oksida.

Kendaraan Bermotor

Kita tahu bahwa kendaraan bermotor memerlukan bensin sebagai bahan bakarnya. Pembuangan gas pada kendaraan bermotor tentunya mengandung banyak sekali polusi gas kimia yang tentu dapat menjadi penyebab perubahan iklim global.

Dampak perubahan iklim bagi masyarakat:

  1. Terjadinya curah hujan tinggi
  2. Musim kemarau yang panjang
  3. Mencairnya es di kutub
  4. Terjadi bencana angin puting beliung
  5. Kekeringan karena berkura
  6. ngnya sumber air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *