Venture Capital : Pengertian Dan Contohnya Di Indonesia!

Belakangan ini sedang banyak dibahas mengenai Venture capital yang berkaitan dengan dana modal bagi suatu perusahaan. Apa sih sebenarnya Venture capital ini? apa sudah ada di Indonesia? Simak pembahasan berikut ini!

Apa Itu Venture Capital?

Venture capital merupakan pembiayaan yang diberikan oleh pemodal ventura kepada perusahaan yang sudah mereka anggap memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi atau prospek pendapatan masa depan yang tinggi.

Kapitalis ventura adalah investor veteran dan siapa saja dari investor kaya hinga bank atau perusahaan investasi. Mereka umumnya akan menyediakan pembiayaan untuk pertumbuhan awal dan tahap terakhir untuk perusahaan kecil.

Bentuk modalnya tidak selalu bersifat moneter namun juga dapat diberikan dalam bentuk keahlian atau networking oleh para pemodal ventura ini.

Ketika pada pemodal ventura ingin berinvestasi dalam suatu bisnis, mereka akan mempertimbangkan beberapa faktor seperti prospek masa depan perusahaan, kredibilitas manajemen, jumlah informasi yang ada di pasar, seberapa besar kendali yang akan mereka miliki di perusahaan tersebut, dan apa strategi yang akan diberikan untuk perusahaan tersebut.

Venture capital yang menyediakan modal ventura hampir selalu seuka terlibat dalam manajemen perusahaan tersebut dan proses pengambilan keputusan didalamnya.

Sementara pemodal Venture capital lebih sering memanfaatkan dengan verinvestasi di startup tersebut, ada pemodal venture yang berinvestasi di perusahaan yang sudah berkembang di atas tahapan startup. Bahkan beberapa pemodal venture biasanya akan berinvestasi di tahap awal dan akhir perusahaan.

Industry Venture capital ini dilengkapi dengan 4 pilar utama seperti :

  • Pengusaha yang membutuhkan dana
  • Investor dengan tujuan mengamankan pengembalian dana yang sangat tinggi
  • Ankir investasi yang membutuhkan perusahaan untuk dijual
  • Venture capital yang menghaislkan uang untuk mereka sendiri dengan menciptakan pasar untuk 3 pemain di atas dalam dunia industry ini.

Pengusaha membutuhkan investasi untuk perusahaan startup mereka. Investasi atau modal yang diterima pengusaha ini nantinya dari investor kaya disebut modal Venture dan investor disebut dengan kapitalis venture.

Perusahaan Venture capital mengurangi resiko investasi dengan melakukan investasi bersama dnegan perusahaan Venture capital lainnya. Biasanya, inestor utama dan investor lain akan disebut sebagai pengikut.

 

Bagaimana Cara Kerja Dana Venture Capital?

Dana modal venture ini terdiri dari investasi dari individu atau perusahaan kaya yang memberikan uang mereka kepada perusahaan Venture capital untuk mengelola portofolio investasi mereka dan untuk berinvestasi di perusahaan startup yang berisiko tinggi dengan imbalan ekuitas.

Ide dasarnya adalah untuk berinvestasi dalam neraca dan infrastruktur perusahaan. Venture capital memelihara gagasan seorang wisauhawan untuk waktu yang singkat dan berkembang dengan bantuan banker investasi.

Di perusahaan baru nantinya, venture capitall akan menerima kemitraan ekuitas sebagai imbalan atas iinvestasi di perusahaan baru tersebut. Venture capital menerima preferensi likuidasi yang artinya scenario terburuk dimana jika perusahaan gagal, Venture capital ini diberikan klaim pertama untuk semua asset dan teknologi perusahaan tersebut.

Al lainnya yang juga ikut ditawarkan seperti hak suara atas keputusan penting seperti Penawaran Umum Perdana (IPO) atau penjualan perusahaan.

 

Apa Keuntungan Modal Venture?

Bank biasanya lebih memilih untuk membiayai bisnis baru yang memiliki asset berharga. Dalam ekonomi berbasis informasi saat ini, perusahaan baru hampir tidak memiliki aset  yang kuat.

Venture capital ini masuk dalam situasi diatas sehingga bank biasanya dapat memberikan lebih banyak wawasan tentang pasar. Beberapa manfaat dari pinjman modal Venture capital adalah dapat membantu dalam perumusan strategi perusahaan dan mengembangkan jaringan yang strategis.

 

Alpha JWC Ventures Di Indonesia

Alpha JWC Ventures merupakan dana modal ventura tahap awal independen dan institusional pertama yang ada di Indonesia. Venture capital ini meluncurkan dana pertamanya pada tahun 2016 sebesar US $50 Juta.

Dana yang mereka keluarkan ini telah diinvestasikan di 34 perusahaan terbesar di Asia Tenggara dan sebagiannya lagi berada di Indonesia. Di Indonesia sendiri, sudah hampir 90% dari mereka telah menerima pendanaan lanjutan dari modal venture ini.

Alpha JWC Ventures ini merupakan perusahaan luar biasa yang mendukung para wirausahawan teknologi inovatif tidak hanya melalui investasi keuangan awal dan lanjutan, namun juga melalui dukungan panjang.

Perusahaan ini akan memanajemen portofolio dengan bantuan tim internal yang membantu perusahaan menemukan portofolio berbakat, mengembangkan bisnis, mengatasi tantangan strategis, dan membangun merek.

 

Bagaimana Alpha JWC Ventures Di Asia Tenggara?

Didukung dengaan adanya berita di lapangan dan jangkauan jaringan lokal dan global yang sangat strategis sehingga memberikan keuntungan untuk mengetahui lebih banyak tentang lanskap dan tren digital yang masuk kedalam navigasi pasar mereka.

Alpha JWC Ventures terus mencari gelombang inovasi berikutnya di semua sector teknologi dengan perhatian khusus pada teknologi keuangan dan sector konsumen di dunia ekonomi digital berikutnya yakni Asia Tenggara dan pasar terbesarnya ada di Indonesia sendiri.

Alpha JWC Ventures ini suda berdiri sejak 2015 dengan peluncuran dana awal di Indonesia pada tahun 2016. Selama bertahun-tahun Alpha JWC Ventures berhasil membangun reputasi yang kuat di pasar sebagai perusahaan modal ventura terkemuka dengan tim lapangan terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Dana kedua yang sempat mereka luncurkan setara dengan USD 433 juta yang berhenti pada tahun 2021 dari dukungan mitra Amerika Serikat dan Eropa. Perusahaan ini sedang mengelola dana tahap awal dari perusahaan terbesar di Asia Tenggara dan sekitar 60 perusahaan portofolio aktif seluruh Asia Tenggara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *