Siapa Saja Dokter Spesialis yang Ada di Dental Clinic?

Home
source gambar : indodentalcenter.com

Dental clinic menjadi layanan masyarakat yang dibangun atas konsep peduli. Kepedulian tersebut tertuang dalam bentuk dokter gigi spesialis yang ramah dan komunikatif, berikut macaam-macam dokter spesialis gigi dan perannya.

  • Spesialis Ortodonti (Sp.Ort)

Dokter spesialis gigi mempunyai keahlian khusus untuk mendiagnosis, mengobati, bahkan mencegah masalah kesehatan atau kelainan yang terjadi pada gigi. Selain itu peran dokter gigi juga mencakup sejumlah gangguan pada gusi dan mulut.

Jika selama ini Anda hanya mengenal istilah dokter gigi sebagai profesi yang bisa mengatasi semua masalah gigi dan mulut. Ternyata dokter gigi juga banyak macamnya yakni spesialisasi yang mempunyai peran khusus sesuai dalam bidang keilmuannya.

Salah satunya spesialis Ortodonti (Sp.Ort), spesialis ini memiliki keahlian dalam diagnosis, pencegahan, dan pengobatan maloklusi atau gigi tidak sejajar. Kondisi tersebut terjadi akibat dari gigi yang tumbuh berdesakan dan gigi jumlah lebih banyak dari jumlah normal.

Jika Anda seorang otrodontis dalam penyelesain masalah di dental Clinic bisa menggunakan prosedur meluruskan gigi dengan menggunakan behel gigi. Selain menggunakan behel juga menggunakan peralatan retainer korektif.

Tujuan dari pemerataan gigi yaitu guna memperbaiki fungsi gigi sehingga bisa mengunyah dan bicara lebih baik lagi. Selain itu juga dapat menunjang penampilan semakin lebih baik.

  • Spesialis Periodensia (Sp.Perio)

Seorang periodontis atau spesialis periodensia mempunyai keahlian mendiagnosis, mengobati. Serta mencegah penyakit pada jaringan gusi juga pada struktur pendukung gigi, baik gigi asli maupun gigi buatan.

Selain itu spesialis periodensia juga akan bertanggung jawab dalam mengatasi gingivitis atau radang gusi. Sekaligus bisa menangani periodentitis yang komplikasi berat.

  • Spesialis Konservasi Gigi (Sp.KG)

Keahlian yang dipunyai oleh seorang spesialis konservasi gigi atau endodontik yaitu perawatan gigi. Menjadikan manfaat dan estetika gigi dapat normal kembali.

Penanganan yang dilakukan di dental clinic adalah penambalan gigi sesuai kebutuhan, pencegahan gigi berlubang, dan perawatan gigi berlubang. Selain itu, perawatan serta pembedahan akar gigi, karang gigi, bleaching (pemutihan gigi) juga bedah endodontik.

  • Spesialis Prostodonsia (Sp.Pros)

Prostodontis atau spesialis prostodonsia mempunyai keahlian dalam perbaikan gigi palsu (denture), mahkota (crown), atau keramik. Prostodontis juga mempunyai kemampuan untuk mengganti gigi dengan implan gigi.

  • Spesialis Kedokteran Gigi Anak (Sp.KGA)

Dokter spesialis gigi anak ini mempunyai kemampuan khusus menangani kasus dan penyakit seputar gusi, gigi, dan mulut pada anak-anak. Untuk penanganan gigi pada anak di dental clinic bisa untuk rentang usia dari 1 tahun hingga menjelang remaja.

  • Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi (Sp.RKG)

Spesialis radiologi kedokteran gigi mempunyai kemampuan interprestasi semua jenis pemeriksaan di laboratorium menggunakan metode pencitraan mulut dan gigi. Seperti foto Rontgen serta CT scan gigi, MRI atau pemeriksaan penunjang radiologi lainnya sebagai penunjang diagnosis di sekitar mulut.

  • Spesialis Bedah Mulut (Sp.BM)

Dokter spesialis bedah mulut menangani perawatan implan gigi dan kelainan pada rongga mulut. Seperti gigi bungsu yang tumbuh terpendam atau miring.

Selain itu juga dapat menangani kelainan pada celah bibir atau biasa disebut bibir sumbing, perbaikan tulang rahang. Tidak hanya itu, juga dapat menangani masalah tumor atau kista di rongga mulut atau rahang.

Demikianlah berbagai macam spesialis dokter gigi yang bisa Anda gunakan jasanya untuk mengatasi permasalahan gigi dan mulut. Semoga artikel peran spesialis dokter gigi dan dental clinic ini bermanfaat untuk Anda. Yuk kunjungi https://www.indodentalcenter.com/ agar bisa memeriksakan gigi segera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *