Persyaratan Lamaran Kerja yang Umum Diminta Perusahaan

10 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar agar Lolos

Biasanya setiap perusahaan menetapkan berbagai persyaratan untuk para pelamar kerja. Namun pada umumnya format surat lamaran kerja dari setiap perusahaan tidak juah berbeda. Di era digitalisasi seperti sekarang ini yang serba online, melamar pekerjaan pun bisa dilakukan secara daring dengan melampirkan syarat lamaran kerja secara digital atau dalam softfile. Persyaratan lamaran kerja merupakan dokumen berkas lamaran kerja seseorang untuk perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan pada posisi tertentu. Ketika kita mengirimkan surat lamaran kerja, maka kita perlu melampirkan dokumen-dokumen lain yang menjadi syarat dari perusahaan.

Di dalam berkas lamaran kerja, harus diisi dengan poin-poin penting tentang potensi seseorang yang cocok dengan posisi yang dilamar. Hal ini dikarenakan melalui persyaratan lamaran kerja sebenarnya sedang menjual potensi diri pada perusahaan secara tertulis, baik mencakup kepribadian, kualifikasi, pelatihan yang pernah diikuti, pengalaman kerja dan hobi. Dari penjelasan di atas, karenanya dokumen berkas yang ada di persyaratan lamaran kerja harus dibuat dengan selengkap dan seringkas mungkin.

Beberapa Persyaratan Umum Lamaran Kerja

Persyaratan umum lamaran kerja yang umumnya diminta perusahaan adalah sebagai berikut :

  1. Surat lamaran kerja

Surat lamaran kerja harus dibuat dengan baik dan perlu memperhatikan kaidah-kaidah baku dalam penulisan surat lamaran kerja. Karenanya menulis surat lamaran kerja harus dibuat secara formal.

Secara umum format penulisan lamaran kerja adalah terdiri dari tiga bagian utama, yaitu pembuka, isi dan penutup.

 

Contoh Surat Lamaran Kerja

 

Bandung, 31 Januari 2022

Kepada Yth,

HRD Bapak/Ibu Personalia

  1. Kembang Jaya Group

Di Bandung

 

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan adanya penerimaan karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                          : Khanza Az-Zahra

Tempat/Tanggal Lahir : Bandung, 11 Desember 1995

Alamat                        : Jalan A.H Nasution 534 Bandung

No Hp                          : 08387365480

bermaksud untuk mengajukan surat lamaran kerja agar dapat diterima bekerja di tempat yang Bapak/Ibu pimpin sebagai Administrasi Keuangan. Saya memiliki pengalaman kerja sebagai Administrasi Keuangan selama 3 tahun. Dan saya juga memiliki keahlian dalam penggunaan komputer dan teknik digital.

Berikut saya lampirkan berkas-berkas pendukungnya, diantaranya :

  • Curriculum Vitae
  • Fotocopy KTP dan Kartu Keluarga
  • Fotocopy ijazah terakhir
  • Fotocopy transkrip nilai
  • Fotocopy sertifikat kursus dan keterampilan
  • Pas foto terbaru

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat. Besar harapan saya untuk dapat bergabung dengan perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

 

Khanza Az-Zahra

 

  1. Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV)

Selain surat lamaran kerja, CV juga merupakan poin penting dalam mengajukan lamaran kerja. Alangkah lebih baik lagi jika desain CV dibuat semenarik mungkin sehingga menarik perhatian bagian rekruitmen.

  1. Portofolio Kerja

Biasanya portofolio dijadikan persyaratan lamaran kerja bagi para pelamar yang telah memiliki pengalaman kerja. Portofolio bisa berupa tulisan, desain atau gambar.

  1. Identitas Pribadi

Biasanya identitas pribadi yang menjadi persyaratan lamaran kerja adalah berupa fotocopy KTP dan fotocopy kartu keluarga.

  1. Ijazah dan Transkrip Nilai

Ijazah dan transkrip nilai pada lampiran surat lamaran kerja menjadi bukti latar belakang pendidikan pelamar kerja yang bisa disesuaikan dengan persyaratan lamaran kerja untuk posisi yang dibutuhkan.

  1. Surat Referensi Kerja atau Sertifikat Keahlian

Bisanya kedua persyaratan ini ditujukan kepada pelamar yang telah berpengalaman atau posisi yang membutuhkan keahlian khusus.

Kedua berkas lamaran ini membuka peluang besar untuk bisa diterima di perusahaan. Terlebih jika sejalan dengan posisi yang dilamar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *