Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

Semakin banyak Anda menggunakan otak Anda, semakin kuat jadinya. Ini membawa kita ke beberapa teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan ke tingkat yang lebih tinggi dari sebelumnya. Berikut ini tips cara meningkatkan daya ingat anak

1. Membuat Molehills Dari Pegunungan

Mencoba memahami dan mempelajari sesuatu bisa membuat anak kewalahan. Akibatnya, dia tidak akan berusaha untuk memahaminya karena terlalu sulit baginya. Ubah blok informasi besar itu menjadi potongan-potongan yang lebih kecil, dengan fokus pada prinsip-prinsip masing-masing. Biarkan dia mulai dari akar dan tumbuh sampai memahami seluruh pohon. Ini membantu dalam mengatur informasi dalam struktur yang tepat di dalam otak.

2. Manfaatkan Indera

Beberapa anak mungkin tidak mengingat dengan tepat, tetapi mereka dapat dengan mudah mengingat aspek lain dari peristiwa tersebut, seperti apa yang mereka dengar atau apa yang mereka lihat. Ini penting dalam memahami bagaimana anak Anda belajar atau mengingat sesuatu. Manfaatkan indra seperti itu untuk membantunya mengaitkan persepsi itu dengan elemen yang perlu diingat dan diingat. Ini tidak hanya memperkuat memori, tetapi juga melibatkan anak Anda ke tingkat yang lebih dalam.

3. Biarkan Anak Menjadi Guru

Jika Anda telah benar-benar memahami sesuatu, Anda harus dapat mengajarkannya kepada seseorang. Setelah Anda mengajarkan sesuatu kepada anak Anda atau jika anak Anda belajar sendiri, mintalah dia untuk mengajarkannya kepada Anda atau saudaranya atau temannya. Catat saat-saat dia harus merujuk ke materi lagi dan mengerjakan aspek-aspek itu.

4. Buat Peta Pikiran

Ini adalah teknik terbukti yang telah membantu banyak orang membuat sketsa ide-ide mereka dan mengingat yang sudah ada dengan cara yang jauh lebih baik. Bekerja terutama pada konsep asosiasi dan koneksi logis, peta pikiran membantu anak Anda memvisualisasikan seluruh materi dalam jaringan yang membentuk jalur dari satu konsep ke konsep lainnya. Ini membantu dalam menciptakan proses berpikir jernih yang dapat dipanggil ketika materi atau konsep perlu diingat kembali.

5. Buat Contoh Anda

Sebagian besar buku teks atau elemen pembelajaran dilengkapi dengan contoh untuk membantu memahami bagaimana konsep tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan nyata. Setelah anak Anda memahaminya, minta dia untuk memberikan contoh sendiri. Biarkan dia menggunakan contoh untuk memperkenalkan atau mengajarkan konsep kepada Anda jika dia kesulitan menjelaskannya kata demi kata.

6. Gunakan Alat Bantu Visual

Menggabungkan kata kunci yang tepat dan judul penting untuk kartu flash dapat membantu anak Anda mengingat informasi dengan cepat. Dan alat bantu visual ini hanyalah batu loncatan untuk terus maju tanpa henti.

7. Belajar Secara Aktif

Belajar dan menghafal tidak harus dibatasi pada waktu belajar tertentu atau lebih. Libatkan anak Anda dalam mendiskusikan berbagai konsep dengannya di malam hari atau hanya setelah melihat sesuatu yang menarik di televisi. Menghubungkan konsep yang berbeda bersama-sama untuk melihat gambaran yang lebih besar membantu dengan pemikiran kritis.

8. Bawa Pembelajaran ke Lingkungan yang Berbeda

Semua pembelajaran tidak harus terjadi melalui bahan pelajaran atau unsur-unsur pembelajaran. Biarkan anak Anda berinteraksi dengan berbagai aspek dunia dan dapatkan pengalaman langsung. Belajar sesuatu tentang hewan? Pergi ke kebun binatang. Apakah Anda ingin mengajarinya tentang tanaman, membawanya ke taman dan biarkan dia menjelajah. Untuk mengajar tentang sejarah, bawa dia ke museum.

9. Jadikan Pembelajaran Musikal

Aspek-aspek tertentu dari perjalanan belajar membutuhkan hafalan dan ingatan kata demi kata. Ini dapat dibuat lebih mudah dengan mencampurnya dengan nada atau lagu berirama. Ini pada dasarnya membuat kedua bagian otak bekerja bersama dan mengingat suatu konsep, sehingga menciptakan koneksi saraf yang lebih kuat dan tahan lama.

10. Jadilah Ingin Tahu

Jangan pernah memarahi anak Anda karena terlalu banyak bertanya. Sifat ingin tahu seorang anak sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan menanamkan kemampuan untuk mencari konsep baru untuk dihafal, dipelajari dan jaringan saraf dibuat.

Orang tua dapat memanfaatkan berbagai tips untuk meningkatkan daya ingat pada anak dan membantu mereka dalam berbagai aspek pembelajaran di sekolah dan bahkan di rumah. Penting untuk memberi anak Anda waktu untuk membiarkannya berkembang dengan kecepatannya sendiri dan memastikan untuk tidak membandingkannya dengan teman-temannya.