Berikut, Beberapa Fakta Menarik Seputar Timnas Indonesia, Simak!

Formasi Terbaik Liga Indonesia 10 Tahun Terakhir - Bola Nusantara
source gambar : bolanusantara.com

Kali ini kita akan kembali membahas seputar berita bola Indonesia, lebih tepatnya kita akan membahas tentang Timnas Indonesia. Pada dasarnya Timnas Indonesia dapat dibanggakan lewat beberapa aspek, tetapi tidak sedikit juga Timnas Indonesia sering membuat para fansnya kecewa.  Terlebih lagi ketika PSSI pertama kali didirikan 1930, pada saat itu Timnas Indonesia cenderung tak memiliki prestasi apapun.

Meskipun begitu, Timnas Indonesia tetaplah menjadi kebanggaan para masyarakatnya. Nah daripada berlama-lama, berikut ini beberapa fakta menarik seputar Timnas Indonesia.

  1. Negara Asia Pertama Yang Mengikuti Piala Dunia

Siapa sangka negara kita Indonesia merupakan negara Asia pertama yang pernah mengikuti Piala Dunia. Jika ditarik sejarahnya sebelum kemerdekaan Republik Indonesia, saat ini nama Indonesia Hindia Belanda, begitu pula dengan nama tim sepak bolanya. Berlanjut pada tahun 1938, tim sepak bola tersebut berada di bawah naungan NIVB dimana saat itu ikut meramaikan Piala Dunia di Negara Prancis.

Saat itu terjadi perdebatan terkait tim sepak bola apa yang pernah berlaga pada Piala Dunia 1938, dan perdebatan tersebut berlangsung hingga tahun 2018. Tetapi setelah itu pihak FIFA telah resmi mengakui bahwa, Indonesia adalah tim tersebut. Saat itulah Indonesia diputuskan menjadi negara Asia pertama yang mengikuti Piala Dunia.

  1. Berangkat Dari Tukang Becak Hingga Dokter

Berlanjut ke fakta menarik berikutnya namun masih seputar tahun 1938 yakni, terdapat satu nama pemain dengan cirri khas Indonesia yaitu Achmad Nawir. Dimana ia merupakan permain bertahan asal Surabaya. Soerabajasche Voetbal Bond tersebut dipipilih oleh pelatih Johannes Christoffel van Mastenbroek sebagai kapten.

Selain itu juga terdapat nama Andi Ramang, ia merupakan seorang legenda sepak bola Indonesia yang berasal dari daerah Makassar. Sebelumnya ia merupakan seorang tukang becak dan pada akhirnya ia terjun ke dunia sepak bola Internasional. Ketika mendekati hari kemerdekaan Indonesia, Ramang hijrah ke Makassar lalu memutuskan untuk kembali menjadi penarik becak, barulah keudian ia bergabung bersama Timnas.

  1. Pemain Tionghoa Andalan

Masih seputar 1938 dimana ketika itu pesepakbola keturunan Tionghoa juga ikut membela Timnas sebelum era kemerdekaan. Di PialaDunia 1938, terdapat tiga pemain Tionghoa dengan marga Tan yaitu, Tan Bing Mo Heng, Tan Hong Dijen, dan Tan See Han. Setelah itu, pada tahun 1956, pata pemain sepak bola keturunan Tionghoa semakin merajai Timnas Indonesia. Seperti Tan Liong Houw, Phwa Sian Liong, Kwee Kiat Sek, Thio Him Tjiang, dan Beng Ing Hien. Mereka semua merupakan pemain inti yang berada dibawah pelatih Antun Toni Pogacnik.

  1. Pelatih Paling Sukses Pada Eranya

Antun Pogacnic digadang-gadang merupakan oelatih Timnas paling sukses pada era tersebut. TImnas Indonesia sendiri memiliki era yang cukup panjang dibawah pimpinannya yakni, pada 1950-an. Ketika itu Antun Pogacnic yang berasal dari Yugoslavia, adalah otak dibalik kesempurnaan Timnas Indonesia. Ia memimpin dengan sangat baik bahkan ketika itu Timnas berhasil melaju hinggga babak semifinal Asian Games di tahun 1954.

Setelah dua tahunberselang, pelatih tersebut juga sukses membawa Indonesia pada perempat final olimpiade di Melbourne pada tahun 1956. Ketika itu Timnas juga berhasil membawa pulang medali perunggu Asian Games Tokyo dan yang lebih menariknya Pogacnic hampir berhasil membawa Indonesia untuk lolos Piala Dunia 1958 di Swedia.

Nah itulah beberapa berita bola indonesia yang dapat kami sampaikan seputar fakta menarik Timnas Indonesia. Bagaimana, apakah kalian terhibur?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *