6 Racikan Kombinasi Kopi Espresso Kekinian dan Pasti Enak

6 Racikan Kombinasi Kopi Espresso Kekinian dan Pasti Enak

Popularitas kopi semakin meningkat seiring dengan banyaknya coffee shop yang menjamur di mana-mana. Beragam jenis racikan kopi disajikan sebagai teman nongkrong bersama kudapan ringan seperti roti, cookies, hingga makanan berat. Kopi espresso termasuk jenis kopi paling umum di kalangan pecinta kopi yang mudah dibuat racikan kombinasi bersama bahan lainnya.

Espresso, Apa dan Bagaimana Rasa Kopinya?

Espresso merupakan jenis kopi yang dihasilkan dari seduhan menggunakan mesin khusus pembuat kopi (coffee machine). Teknik seduhannya menggunakan sistem tekanan dari mesin. Rasa dari espresso yaitu perpaduan antara pahit, asam, dan manis secara seimbang. Dalam kecapan rasanya, tidak ada rasa dominan sehingga espresso merupakan kopi yang berimbang rasanya.

Pembuatan espresso sering dikaitkan dengan istilah shot. Sebutan ini mengacu pada jumlah takaran espresso yang dihasilkan dari mesin pembuat kopi. One shot berarti sajian espresso dengan ukuran 25-35 ml, double shot memiliki ukuran 45-60 ml, sementara triple shot mengacu pada takaran yang lebih besar.

Kombinasi yang Cocok untuk Espresso

Menikmati espresso bisa dilakukan dengan berbagai sajian. Bagi Anda yang pecinta sejati espresso, tentu harus mencicipi berbagai kombinasi yang bisa dibuat dari espresso. Keragaman yang demikian menjadikan espresso sebagai primadona yang digemari berbagai kalangan masyarakat.

1.   Pure Coffee

Bagi Anda yang pecinta espresso sejati, rasa asli dari espresso adalah hal mutlak yang harus dinikmati. Pure coffee merupakan sajian espresso tanpa adanya tambahan rasa lain. Black long dan americano merupakan contoh dari sajian espresso murni. Penyajiannya hanya mencampurkan espresso dengan air sehingga cita rasa khas espresso tidak akan berubah.

2.   Es Batu

Hampir mirip dengan pure coffee, penambahan es batu juga tidak terlalu memberikan perubahan rasa yang signifikan pada espresso. Bagi Anda yang suka dengan minuman dingin, Anda patut mencoba originalitas espresso ini. Ditemani dengan kudapan ringan seperti cake, menjadikan espresso dingin adalah pilihan yang cocok.

3.   Susu

Susu menjadi kombinasi paling populer. Perpaduan rasa manis dan gurih dari susu berbaur dengan rasa pahit, asam, dan manis espresso menghasilkan rasa yang tak pernah bisa ditolak oleh siapapun. Sajian paling umum kombinasi susu dan kopi adalah latte.

4.   Gula Aren

Bagi Anda yang tidak kuat dengan rasa espresso yang strong, sebaiknya Anda menambahkan pemanis dalam cangkir kopi. Selain simple syrup, gula aren juga menjadi perpaduan yang pas. Adanya gula aren memberikan rasa manis yang light namun tidak mengubah ketegasan dari rasa espresso yang asli.

5.   Es Krim

Affogato merupakan perpaduan kopi dengan es krim. Es krim yang digunakan bisa berbagai macam rasa, seperti vanilla, cokelat, moka, hingga stroberi. Pembuatan affogato tidak hanya menggunakan espresso tapi juga bisa menggunakan kopi tubruk atau kopi seduh biasa.

6.   Cokelat

Kopi espresso ternyata juga cocok dipadukan dengan cokelat. Moccacino merupakan kombinasi dari kopi, susu, dan cokelat. Cokelat yang digunakan umumnya cokelat bubuk atau sirup cokelat. Sensasi rasa yang dihasilkan yaitu pahit, gurih, dan manis bercampur dengan pahit unik dari cokelat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *