5 Cara Meningkatkan Domain Authority Web

Pentingnya meningkatkan DA (Domain Authority) website Anda guna memperbagus rank website Anda di mesin pencari. Sulit bagi google untuk mau menaikkan website yang memiliki DA kecil terutama pada keyword-keyword yang persaingannya berat. Menaikkan Domain Authority bukanlah hal mudah tapi tidak juga terlalu sulit. Anda bisa melakukannya sendiri dengan mengikuti cara ini atau Anda bisa menggunakan jasa SEO terbaik di Jakarta jika Anda merasa kesulitan mengurus SEO website Anda.

Berikut ini adalah cara untuk menaikkan Domain Authority sebuah website:

1. Kerjakan OFF-PAGE SEO Anda

SEO Off-page mengacu pada aktivitas yang terjadi di luar web Anda. Anggap saja dalam hal taktik eksternal yang diarahkan untuk memasarkan web Anda secara efektif dan menjangkau audiens yang lebih luas.

Taktik SEO di luar halaman yang telah terbukti nilainya adalah penjangkauan influencer. Ini melibatkan menjangkau entitas mapan (bisnis dan individu) dan meminta mereka untuk membagikan konten Anda dengan baik.

Aspek lain dari penjangkauan influencer termasuk menjangkau web otoritas dan meminta mereka untuk menautkan ke pos berkualitas yang relevan bagi mereka.

Tentu saja, mereka hanya akan membagikan konten Anda jika memenuhi standar tertentu. Namun, jika mereka membagikan konten Anda, itu berarti Anda akan mendapat perhatian dari pengikut mereka.

2. Perhatikan ON-PAGE SEO

SEO On-page mengacu pada aktivitas optimasi yang dilakukan pada halaman-halaman web. Mereka mudah dan dapat diimplementasikan dalam sekejap, tidak seperti rekan-rekan mereka di luar halaman.

Aspek penting dari SEO pada halaman adalah struktur URL web. Itu harus diatur dengan cara yang menampilkan hierarki kategori website.

Mesin pencari memperhatikannya karena membantu menentukan esensi halaman tertentu. Ini juga penting karena jika mengandung kata kunci (harus mengandung kata kunci), pengguna akan dengan mudah menautkan kata kunci tersebut.

SEO pada halaman juga melibatkan tag judul. Tag judul menentukan judul halaman web. Sangat mudah untuk tidak terlalu memikirkan mereka. Tapi mereka memainkan peran menarik pengguna untuk mengklik web Anda ketika muncul di halaman hasil mesin pencari.

3. Bekerja keras pada SEO teknis

Jelas, Anda perlu meningkatkan semua aspek SEO jika Anda ingin mengembangkan otoritas domain Anda.

Teknis SEO ditujukan untuk mengoptimalkan cara kerja web yang lengkap demi perayapan mesin pencari, pengindeksan, dan visibilitas umum.

Seperti namanya, ukuran pengetahuan teknis diperlukan. Namun, kabar baiknya adalah sebagian besar, setelah SEO teknis Anda terkunci, Anda tidak perlu melakukannya lagi.

Keamanan adalah salah satu aspek inti dari SEO teknis. Anda harus menambahkan SSL (Secure Socket Layer) ke web Anda untuk menjadikannya HTTPS. Artinya web Anda hanya bisa diakses dengan https dan bukan http.

Mengoptimalkan halaman 404 Anda membantu SEO teknis

Dari waktu ke waktu, pemilik website menghapus halaman tertentu dari web mereka. Seringkali, pengguna membuat kesalahan saat mengetik URL ke browser mereka. Itu membawa kita pada kebutuhan untuk optimasi halaman 404.

Sebagai bagian dari SEO teknis, halaman 404 yang dioptimalkan memberi tahu pengguna bahwa halaman yang mereka cari tidak tersedia. Ini juga menyediakan cara sederhana untuk kembali ke halaman penting web atau menyarankan halaman terkait. Itu juga harus memiliki menu navigasi dan struktur yang sama dengan website Anda.

Untuk merasakan seperti apa halaman 404 Anda, cukup salah mengeja URL web Anda di browser dan telusuri. Pastikan Anda mengetikkan domain root dengan benar.

Di bawah ini adalah gambar halaman 404 web ini. Perhatikan URL yang saya ketik. Saya rasa smoothie alpukat tidak ada hubungannya dengan pemasaran internet.

4. Tingkatkan kecepatan website Anda

Sejauh meningkatkan otoritas domain web Anda, web yang lebih cepat mengeluarkan yang lebih lambat dari air. Kecepatan web termasuk dalam garis SEO teknis, tetapi perlu disebutkan secara terpisah.

Menurut infografis oleh Kissmetrics, 40% orang mengatakan bahwa mereka akan meninggalkan halaman web yang membutuhkan waktu 3 detik atau lebih untuk memuat.

Ada berbagai metrik untuk mengukur kecepatan web, dan metrik tersebut adalah:

– Waktu yang diperlukan untuk memuat 100% sumber daya pada halaman;

– Time To First Byte (TTFB) dan ini mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan halaman untuk memulai proses pemuatan; dan

– First meaningful paint (first contextual paint) yang mengacu pada berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat sumber daya yang cukup agar konten halaman Anda benar-benar dibaca.

Langkah bijak adalah meningkatkan kecepatan web Anda berdasarkan semua metrik ini. Lebih baik berbuat salah di sisi hati-hati, bukan?

5. Jadikan web Anda mobile-friendly

Anda pasti hidup di bawah batu jika belum memperhatikan penggunaan ponsel yang lazim dalam mengakses Internet. Sebuah survei tahun 2019 menunjukkan bahwa pengguna Internet seluler jauh lebih banyak daripada pengguna Internet desktop.

Keramahan web untuk seluler adalah elemen teknis lain yang menentukan otoritas domainnya. Faktanya, Google tampaknya memiliki sesuatu untuk web yang ramah seluler.

Bagaimana lagi Anda menjelaskan pengenalan indeks mobile-first (prinsip peringkat yang menampilkan konten seluler terlebih dahulu terlepas dari perangkat pencari)?

Tip yang kuat untuk membuat web Anda mobile-friendly adalah dengan membuatnya responsif. Ini membuat konten dan tata letak merespons perangkat khusus pengguna.

Tips lain: Anda juga boleh mempertimbangkan untuk menggunakan jasa digital marketing. Mungkin waktu Anda tidak banyak utuk mengurusi web Anda, lebih baik Anda percayakan saja pada ahlinya.