4 Penyebab Mengapa Sulit BAB

4 Penyebab Mengapa Sulit BAB

Buang air besar atau BAB merupakan sebuah proses alami manusia untuk membuang kotoran. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar tubuh tetap sehat. Namun, terkadang orang-orang sering mengeluhkan mengalami susah BAB.

Tentunya kesusahan tersebut terjadi bukan tanpa alasan. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab yang membuat Anda kesulitan untuk BAB.

Penyebab Sulit Buang Air

  1. Menjalani Pola Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup tidak sehat memang kerap kali menjadi pemicu berbagai masalah kesehatan, tidak terkecuali masalah buang air. Pola makan yang kurang seimbang dan tidak lengkap biasanya menjadi penyebab utamanya. Apabila tubuh kurang serat ataupun carian, tentu akan menyebabkan masalah konstipasi.

Tidak hanya itu saja, perubahan kebiasaan makan dan berlebihan dalam mengolah produk susu juga bisa menjadi salah satu penyebab kuat mengapa buang air besar Anda menjadi terganggu. Selain itu, kurang beraktivitas dan berolahraga juga mempunyai kontribusi cukup besar dalam menimbulkan masalah konstipasi pada diri Anda.

  1. Sedang Dalam Masa Kehamilan

Penyebab selanjutnya mengapa masalah BAB muncul adalah karena sedang dalam kondisi hamil. Kurang lebih terdapat 40 persen ibu hamil mengalami masalah seperti ini, terutama saat memasuki trimester awal fase kehamilan. Hal ini dapat terjadi karena saat hamil hormon progesteron mengalami kenaikan yang menyebabkan otot usus melemah sehingga kontraksi sulit dilakukan.

Menderita masalah seperti ini saat sedang hamil bukanlah hal yang membahayakan. Namun, jika buang air besar terasa susah atau bahkan disertai adanya darah dan nyeri, maka ada baiknya untuk memeriksakannya segera ke dokter kehamilan.

  1. Suka Menunda BAB

Kebiasaan suka menunda keinginan BAB juga menjadi salah satu penyebab susah BAB. Hal ini berlaku baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Penundaan yang mungkin dilakukan beberapa kali saja tidak akan menyebabkan masalah. Namun, jika kebiasaan tersebut dilakukan berkali-kali maka Anda akan mulai mengalami kesulitan saat ingin BAB.

Oleh karena itu, agar jam buang air tidak terganggu, hentikan kebiasaan menunda tersebut. Dengan begitu, kegiatan alamiah BAB ini bisa berjalan lancar setiap hari. Saat semuanya lancar, pasti kesehatan tubuh juga akan lancar juga pastinya.

  1. Efek dari Obat

Penyebab terakhir adalah adanya efek samping dari penggunaan obat tertentu. Hal ini sangat mungkin terjadi, apalagi untuk jenis obat seperti suplemen zat besi, suplemen kalsium, obat antidepresan, anti epilepsi, diare, diuretik, ataupun obat pereda rasa nyeri seperti morfin serta kodein. Di samping itu, obat lainnya seperti antasida serta obat laksatif juga menjadi salah satu jenis bahan kimia yang dapat menyebabkan buang air besar menjadi sulit.

Begitulah tadi informasi penyebab susah BAB yang biasa terjadi. Untuk mencegah hal tersebut melanda, ada baiknya Anda untuk mengonsumsi susu. Salah satu yang terbaik tentu adalah Dancow. Kandungan nutrisi di dalam Dancow dapat menjaga kesehatan tubuh serta melancarkan pencernaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *